Kamis, 20 September 2012

Faktor - faktor Perkembangan Manusia

Dalam tingkat kehidupannya, mnanusia tidak hanya bertumbuh, namun jug amengalami perkembangan. Ada perbedaan yang sangat jelas antara tumbuh dengan berkembang.


Dalam bertumbuh, yang lebih ditonjolkan adalah aspek fisik dari seseorang, sedangkan dalam perkembangan seseorang, aspek yang lebih ditonjolkan adalah aspek perubahan kepribadian ke arah yang dianggap lebih positif. 


Seseorang dikatakan memiliki kepribadian yang baik, dapat dilihat dari perilaku individu tersebut kesehariannya. Namun demikian, tidak serta merta orang yang berperilaku berbeda dari yang lain atau yang biasa dibilang menyimpang, langsung dicap tidak baik oleh masyarakt atau orang sekitarnya. Hal ini karena pasti ada banyak faktor yang mempengaruhi suatu tindakan seseorang. Bisa saja orang tersebut terpaksa melakukan tindakan yang dianggap menyimpang tersebut karena sebenarnya ingin meyelamatkan sesutau atau mungkin melindungi sesuatu yang sangat berharga baginay, ata mungkin alsan lainnya. Begitu banyak alasan untuk mengungkap apa yang mendasari tingakan seseorang dewasa ini.


Untuk meminimalisir kecurigaan maupun pemberian cap terhadap seseorang secara kurang bijaksana itulah, maka di sini akan diusraikan sedikt tentang faktor-faktor yang memepengaruhi perkembangan manusia yang pasti akan mempengaruhi tindakannya kelak.


Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan manusia, antara lain :
  • Variebel biologis, yan ditentukan secara genetik. Diperoleh seseorang sejak dalam kandungan, ketika inti ovum dan inti sperma orangtuanya menyatu.
  • Variabel biologis non genetik, diterima seseorang dari perilaku lingkungannya.           Contoh : seorang anak bisa saja terlahir kurang sempurna, bila saat pembelahan sel di rahim ibunya terjadi gangguan.
  • Proses belajar masa lampau.
  • Penaruh sosio-psikologis yan langsung.
  • Penarh lingkungan sosial-budaya tempat individu berkembang.
Berdasarkan usia dan tingkat perkembangannya, maka dikenal yang namanya "TAHAP-TAHAP PERKEMBANGAN MANUSIA" .  Tahap-tahap perkembangan ini dimulai dari masa prenatal, masa bayi, masa kanak-kanak awal, masa kanak-kanak akhir, masa remaja, masa dewasa awal, masa dewasa awal, masa dewasa madya, masa lanjut usia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar