Kamis, 20 September 2012

Masa Tua

Masa ini dialami ketika seseorang memasuki usia lebih dari 55 tahun. Masa -masa ini sering juga disebut sebagai masa bahagia. Masa ketika seseorang sudah mengalami begitu banyak asam garam kehidupan. Dalam masa ini, orang mulai menyadari bahwa terpenuhinya hidup seseorang adalah ketika orang tersebut merasa puas. Dalam arti dapat mensyukuri segala sesuatu yang telah dicapai dan dimiliki. Di masa ini, orang juga mulai siap menghadapi kematian. Biasanya orang yang tergolong lansia ini juga senang menghabiskan waktu dengan orang-orang yang mereka kenal, di mana mereka mereka merasa nyaman ketika bercerita, tentang kisah-kisah hidupnya, dan sebagainya. Orang-orang yang mereka anggap mampu mengerti jalan pikiran mereka, sehingga komunikasi yang berjalan itu dua arah. Manusia yang tergolong pada tahap ini juga biasanya sudah memiki emosi yang cenderung stabil.

Dalam masa ini, seseorang memiliki regenerasi sel yang sudah tidak teramat baik, sehingga rentan terserang penyakit. Namun orang dalam usia ini karena emosinya sudah relatif stabil, maka mereka biasanya akan dengan rendah hati mengontrol diri dalam melakukan berbagai aktivitas yang memang diperuntukkan bagi lansia, seperti mereka ini. Misalnya, para lansia akan dengan tanpa malu mengikuti senam-senam pencegahan osteoporosis (penyakit yang biasanya menyerang para lansia). 

Dalam masa ini pula, jiwa seseorang biasanya akan kembali seperti anak-anak lagi. Seperti adanya rasa untuk diperhatikan lagi, lebih besar daripada sebelumnya. Sfat "ngambek" atau "kagol" yang biasanya dilakukan oleh anak kecil ayng keinginannya tidak bisa dipenuhi. Ketika hal ini terjadi, sebagian dari orang yang menemani atau merawat terkadang kesal juga merasa aneh dengan hal tersebut. Namun, bagi kita yang sudah mengerti, hendaknya memaklumi. Karena hal itu memang sudah menjadi salah satu ciri khas jtahapan masa yang satu ini, dan lepas dari itu semua... besok mungkin kita juga akan mengalami masa ini, sehingga tidak ada ruginya belajar bagiamnan mengerti mereka yang sedang ada dalam tahap kehidupan yang satu ini.

Kembali membahas tentang lansia. Apabila kita membandingkan umur lansia zaman dulu dengan zaman sekarang yang katanya modern ini,  di zaman manakah yang terdapat lebih baynayak lansia yang berumur lebih lama ? Pasti, rasa-rasanya hampir semua orang akan menjawab bahwa, yang usianya lebih lama adalah orang-orang zaman dulu. Saat belum ada makanan-makanan fast food seperti sekarang ini. Dalam bahasan kali ini bukannya penulis ingin mengatakan bahwa fast food itu tidak baik. Hanya saja, salah satu faktor yang memengaruhi keadaan tersbut adalah makanan yang masuk ke dalam tubuh seseorang juga bukan ?

Nah, berkaitan dengan makanan. Meskipun di zaman yang modern seperti sekarang ini, para lansia zaman ini biasanya juga relatif memperhatikan makanan yang mereka konsumsi. Misalnya mereka akan mulai mengurangi makanan yang mengandung kolesterol maupun lemak jahat yang dapat denagn mudahnya mengganggu kesehatan mereka.
Begitulah, perkembangan lansia zaman sekarang ini, secara umum pemkiran mereka cenderugn lebih bijak daripada saat masa remaja dan masa sebelumnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar