Kamis, 20 September 2012

Masa Dewasa Awal dan Masa Dewasa Madya

Masa Dewasa Awal




Masa ini berlangsung sekitar usia 20 hingga 35 tahunan.
Pada masa ini orang mulai memikirkan dengan serius masa depannya. Pola hidup yang baru yang dianggap paling baik dan dapat menunjang masa depannya akan dipilihnya sebagai jalan maupuan cara hidup. Saat ini juga merupakn masa pemantapan diri, ketika orang mulai serius dalam berkarir. Masa saat seseorang biasanya sudah dapat memutuskan sendiri, mana yang baik baginya, mana yang membuatnya merasa nyaman dan mana yang dapat mengganggunya untuk mencapai tujuannya.


Dalam masa ini, biasanya seseorang sudah menerti apa tujuan hidupnya. Hanya saja, masalah yang timbul waktu belakangan adalh, banyak orang muda yang kuliah, bekerja giat, bahkan hingga lembur-lembur. Namun mereka tidak tahu untuk apa semuanya itu. Sungguh menjadi krisi yang sangat memprihatinakn, karena berarti terkadang orang hanya tahu bagaimana jalan atau cara mencapainya (sesuatu : tujuan. idealisme, dsb). Tetapi tidak tahu tujuan esensi di balik itu semua sebenarnya mereka mau mencar atau mendapatkan apa ?


Maka baiklah bila kita melihat dari kacamata itu, sekarang tidak sedikti kita temukan mahasiswa yang kemudian berpindah jurusan, atau berhenti di tengah jalan, atau orang yang kelihatannya pekerjaannya sudah mapan tetapi tiba-tiba berhenti, atau bahakan tak jarang ada orang yang takut atau enggan memeiliki keterikatan dengan suatu instansi tertentu padahal fee yang didapat dari itu lymayan. Baik, itu adalah sebagian contoh dari penyimpangan perilaku yang seharusnya tidak terjadi dalam tahap perkembangan yang satu ini.

Tahap perkembangan ini seharusnya dapat dilalui oleh seseorang, walaupun tidak mudah memang. Namun juga bukan berarti bahwa seseorang atau banyak orang harus terjebak dalam penuntasan tahapan perkembangan yang sangat menentukan ini. Well, lepas dari semua perkara pelik dan rumit itu, pastinya masing-masing dari kita seharusnya tertantang utnuk dapat melalui tapap perkembangan yang satu itu (entah bagaimana pun sulitnya, yang penting harus bisa melampaui; kalu tidak berarti : bahaya, karena akan sulit menjalani kehidupan selanjutnya bila kita tidak memiliki tujuan bukan ?)


Lanjut, masa ini juga adalah masa saat seseorang mulai serius menjalin hubungan dengan pasangannya. Bagi kaum adam di tahapan ini yang sudah serius dengan pasangannya, biasanya sedah tidak akan mencari pasangan baru lagi (maksudnya akan cenderung setia pada pasangannya). Tak sedikit juga yang sudah mulai memikirkan atau membuat planign tentang "menikah" dengan pasangannya itu.


Di tahap perkembangan ini pula, seseorang biasanya akan cenderung fokus pada diri sendiri. Hingga biasanya orang pada tahap perkembangan ini, kurang peduli pada kewajiban sosialnya. Mereka akan cenderung fokus pada apa yang menjadi target dalam hidupnya, dan menyingkirkan sejenak apa yang dikiranya tidak diperlukannya dalam mencapai tujuan atau targatnya itu. Bahkan bisa jadi aabila sang pasangan dianggap tidak mendukungnya, hal otu akan membuat mereka memtuskan untuk berpisah.


Masa Dewasa Madya (36-55 tahun)

Pada masa ini kondisi fisik seseorang mulai menurun (kulit mengeriput, rambut menipis, daya tahan tubuh berkurang).  Masa ini merupakan masa transisi dari dewasa ke masa lansia (masa tua). Dengan terjadinya banyak perubahan baik secara fisik maupun psikis dalam diri seseorang, masa ini menjadi tahapan yang kadang sungguh terasa berat bagi yang mengalaminya. Dalam masa ini diperlukan banyak penyesuaian yang harus dilakukan dengan sabara dan penuh sikap bijak. 

Sebagai contoh :
Seorang wanita karir misalnya. Yang biasanya terlihat cantik dan energik, ketika memasuki tahap ini, tidak menutup kemungkinana wanita tersebut mungkin akan terlihat keriput dan tidek sesegar atau se-energik duluinya. Sebagian oarnag yang mengalami ini dapat menerimanya secara alami dan mengerti. Namun tak sedikit yang  kemudian akan merasa minder maupun kurang percaya diri. Saat ini orang akan merasa mulai tua dan hanya akan bisa melakuakn pekerjaan-pekerjaan tertentu saja, yang sebenarnya mereka masih bisa melakukan lebih dari itu. 


Atau bagi seorang wanita yang biasanya di masa ini mengalami menopause. Ia akan cenderung merasa tidak cantik lagi. apabla hal ini terjadi, peran seorang suami dan keluarga dekat menjadi sangat penting, lebih dari biasanya. Karena akan dibutuhkan semangat dari orang-orang dekat tersebut saat hal itu terjadi. Jika tidak, ada saja yang kemudian mengalami stres kecil karena belum bisa menerima keadaan diri yang baru itu. Biasanya wanita yang mengalami ini akan cenderung mentutup diri dan kurang memerhatikan dirinya lagi, dan akan terlihat kurang bersemangat dalam menjalani hidup.


Tetapi juga tidak sedikit yang dalam masa ini menerima perubahan-perubahan tersebut dan justru menjadi survive. Dalam arti, cara pandang yang digunakan berbeda. Ornag tipe ini akan cenderung berpikir demikian. Kapan lagi saya akan bisa menikmati dunia kerja yang menyenangkan ini kalau bukan sekarang, karena besok sebentar lagi saya sudah menjadi tua dan semuanya mungkin tidak semenyenangkan ini. Itu hanya contoh saja. namun apabila seseorang dalam masa ini memiliki pikiran seperti itu, maka masa ini akan menjadi masa emas dalam dunia kerjanya. Masa ketika orang sedang rajin-rajinnya dalam bekerja, lebih rajin daripada sebelumnya.


Pada masa ini orang juga biasanya fokus pada keluarga, salah satu contohnya adalah orang dalam tahap ini akan begitu memperhatikan kebutuhan materi keluarganya, implikasinya adalah contoh di atas tadi. Orang akan giat-giatnya bekerja, agar dapat memnuhi kebutuhan keluarganya. 

Paa masa perkembangan ini pula, orang biasanya akan mulai aktif berkegiatan di masyarakat maupun berkegiatan di tempat ibadah. Sebisa mungkin mereka kan berusaha terlibata dalam segala acara yang berkaitan dengan kegiatan tersebut. Dalam kegiatan sosial misalnya, bakti sosial, mengadakan kerja bakti bersama satu RT, aktif terlibat dalam arisan RT, PKK, dan sebagainya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar